Negara Maroko

Maroko (Kerajaan Maroko) || Rabat
Bendera Negara Maroko

Maroko atau Kerajaan Maroko adalah salah satu negara dari tiga negara (bersama Spanyol dan Perancis) yang memiliki garis pantai di Samudra Atlantik dan juga di Laut Mediterania. Secara geografis, memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan yang terjal.

Profil Negara Maroko
Nama resmiKerajaan Maroko, المملكة المغربية, Al-Mamlakah al-Maghribiyah (Arab), ⵜⴰⴳⵍⴷⵉⵜ ⵏ ⵍⵎⵖⵔⵉⴱ, Tageldit n Lmaɣrib (Berber), Royaume du Maroc (Perancis)
Ibu KotaRabat
Bahasa resmiArab dan Barber
Bentuk PemerintahanMonarki semi-konstitusional
RajaMuhammad VI
Perdana MenteriSaadeddine Othmani
Mata uangDirham Maroko (د.م.)
Internet.ma dan المغرب.
Kode telepon+212

Pembentukan
Dinasti Idrisiyyah (pendiri)789
Dinasti Alawiyah(saat ini)1666
Menjadi protektorat Perancis dan Spanyol30 Maret 1912
Kemerdekaan7 April 1956

Latar belang
Negara Maroko berpopulasi sekitar 33.800.000 dengan luas wilayah total sekitar 446.550 km2 (172.410 sq mi). Negara yang memiliki pantai di Samudra Atlantik yang mencapai Selat Gibraltar hingga Laut Tengah ini berbatasan dengan Spanyol di utara (perbatasan air melalui Selat dan perbatasan darat dengan tiga exclave Spanyol yang dikontrol kecil, Ceuta, Melilla, dan Peñón de Vélez de la Gomera), Aljazair di timur, dan Sahara Barat di selatan. Karena Maroko menguasai sebagian besar Sahara Barat, batas selatannya de fakto adalah dengan Mauritania.

Kota terbesar di negara yang memiliki kebudayaan campuran antara kebudayaan Arab, Eropa, dan Berber ini adalah kota Casablanca. Dan agama Islam menjadi agama resmi Kerajaan Maroko.

0 Response to "Negara Maroko"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel