Negara Perancis

Bendera Negara Perancis

Perancis atau Republik Perancis adalah sebuah negara yang terletak di kawasan wilayah Eropa Barat yang juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang berada di benua lainnya. Perancis yang berada di kawasan Eropa tersebut sering kali disebut sebagai Perancis Metropolitan atau orang Perancis menyebutnya sebagai "L'Hexagone" ("Heksagon") yang memiliki wilayah memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara,serta dari Rhine ke Samudera Atlantik.

Profil Negara Perancis
Nama resmiRepublik Perancis, République française (Perancis)
Ibu KotaParis
Bahasa resmiPerancis
Bentuk PemerintahanRepublik semi-presidensial
PresidenEmmanuel Macron
Perdana MenteriÉdouard Philippe
Mata uangEuro (€) (EUR)
Internet.fr
Kode telepon+33

Pembentukan
Kerajaan Franka486
Kerajaan Perancis10 Agustus 843
Republik didirikan22 September 1792
Mendirikan Komunitas Ekonomi Eropa1 Januari 1958
Konstitusi saat ini4 Oktober 1958

Latar belang
Negara Perancis memiliki penduduk sekitar 67.012.000 (2015) dengan luas wilayah total sekitar 640.679 km2. Perancis Metropolitan berbatasan dengan Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol. Nama Perancis atau France berasal dari bahasa Latin, yaitu Francia yang berarti "tanah bangsa Frank" atau "Frankland".

Negara yang menjadi anggota permanen Dewan Keamanan PBB dengan hak veto ini memiliki sejumlah teritori di wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, Karibia, selatan Samudera Hindia, Samudera Pasifik, hingga Antartika yang berstatus atau dengan bentuk pemerintahan mulai dari departemen seberang laut hingga jajahan seberang laut. Guadeloupe, Martinique, Guyana Perancis dan Réunion merupakan Departemen seberang laut yang memiliki status politik sama dengan departemen metropolitan sejak tahun 1946.

0 Response to "Negara Perancis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel